ADA banyak cara untuk bisa tampil memukau di depan umum. Salah satunya dengan dandan. Namun untuk maksimal, dandan ada teknik-tekniknya. Pasalnya, jika salah mengaplikasikan, bisa berakibat fatal dan merusak penampilan.

Nah, bila Anda termasuk wanita yang tengah belajar menggunakan make up. Berikut ini berbagai pengetahuan yang wajib diketahui saat berhadapan dengan make up:

Foundation
Foundation berguna untuk membuat wajah tampak halus dan alami. Oleskan foundation setingkat warna kulit pada wajah.
Pilihlah foundation yang ringan atau foundation cair bagi yang ingin terlihat natural. Untuk foundation cair, gunakanlah spons (dengan cara ditekan) untuk menutupi pori-pori dan rongga wajah.
Loose powder
Taburkan loose powder dengan cara ditepuk-tepuk. Loose powder berguna untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah dan membuat wajah lebih halus.
Untuk mengetahui bedak tabur yang baik, ambil bedak dengan ujung jari dan raskan. Jika ada butiran dan partikelnya di ujung jari sebaiknya hindari, karena bedak tabur semacam ini tidak merata pada wajah.
Bedak tabur ini memiliki berbagai warna untuk memberikan efek tertentu. Bedak berwarna pink membuat wajah terlihat lebih segar, warna hijau menyamarkan noda, dan yang berwarna violet membuat wajah tampak lebih segar.
Compact powder
Gunakan spons. Bedak padat yang dipilih harus senada dengan warna kulit wajah. Bedak padat bisa menghaluskan dan menutupi noda pada wajah.
Alis
Bentuk alis sangat penting untuk menunjang make up yang digunakan. Salah membentuk alis dapat mengubah bentuk dan karakter wajah secara keseluruhan.
Make up Artist professional dalam workshop “Teknik Make Up Pengantin Muslimah” M Dedy memberikan tip yang bisa Anda ikuti.
“Sebelumnya sudah menggunakan foundation, mengaplikasikannya alis dulu. Mengapa? Saya selalu memangkal alis dulu karna mau kasih highlight,” paparnya di acara Martha Tilaar Beautifying Indonesia Conference 2010, Cendrawasih I Room, Jakarta Convention Centre, beberapa waktu lalu.
Untuk membentuk alis tampak alami, Dedy juga memberikan tipnya. Apa itu?
“Menyikat bagian alis dan diberi hair spray. Digradasikan dengan hair spray. Dengan disikat lebih terlihat bagus, ke atas semua. Apalagi kalau alisnya tebal, terlihat lebih natural. Rapikan alis mengikuti bentuk alis asli. Gunakan pensil alis berwarna cokelat untuk membentuk alis yang natural,” imbuhnya.
Eyeshadow
Untuk mendapatkan warna yang baik, diperlukan pembauran warna yang tepat. Terutama eyeshadow warna biru toska. Pertama, gunakan warna baby pink pada seluruh kelopak mata. Setelah itu, berikan pearlshadow warna biru toska pada kelopak mata. Kemudian, pada ujung mata tambahkan warna kuning keemasan supaya warna biru toska terlihat lebih hidup.
Untuk warna kulit gelap, Aryani Wati yang juga profesional Make up Artist memberikan tip agar Anda memilih warna-warna cerah.
Eyeshadow warna putih, ditepuk-tepuk dan tidak boleh diusap. Baru dibaurkan. Silver, peach, kuning, hasil warna lebih keluar. Untuk bagian sudut akan diberikan warna cokelat. Sebelum menggunakan alis, gunakan eyeshadow dulu. Pensil alis. Dari mulai pangkal alis sampai pada ujung alis. Supaya warna eyeshadow terlihat lebih tajam, warna alis jangan terlalu keras,” sarannya.
Eyeliner
Aplikasikan eyeliner warna hitam pada kelopak mata, lalu buatlah garis di kelopak mata mulai dari ujung dalam hingga ke batas bulu mata. Eyeliner berfungsi untuk mempertegas bentuk mata dan membuat mata tampak lebih besar. Namun eyeliner juga dapat membuat mata tampak lebih kecil dengan cara menarik garis eyeliner lebih panjang dari garis mata.
Agar riasan mata lebih tahan lama, gunakan eyeliner cair. Lalu pada mata bagian bawah, gunakan eyeliner yang senada dengan warna eyeshadow, yaitu warna biru toska.
Maskara
Maskara berguna untuk mempertegas bentuk mata dengan memberikan warna pada bulu mata. Maskara dioleskan dari arah pertumbuhan bulu mata keluar, atau ujung bulu mata. Gunakan maskara setelah eyeshadow.
Blush on
Sapukan blush on warna peach pada area tulang pipi dengan kuas. Sapukan dengan cara memutar agar hasilnya terlihat lebih natural.
“Untuk mengoreksi bentuk wajah. Pipinya besar, jangan lupa shading ditaruh. Shading merah di bagian rahang. (Membubuhkan) blush on dari belakang ke arah depan,” pungkas Dedy.
Lipstik
Sebelum menggunakan lipstik, oleskan foundation pada bibir agar warna lipstik lebih tahan lama dan menempel pada bibir. Lalu bingkai bibir dengan lipliner yang senada dengan warna bibir. Setelah itu, oleskan lipstik warna nude pada bibir. Tambahkan lipgloss agar bibir terkesan segar.
Abis pakai pelembap, alas bedak cair, baru pakai shading ada cokelat. Bagian dekat rahang dikasih shading merah. Cokelat bagian hidung. Baru diberi bedak tabur.
okezone
cara dandan natural, tips dandan natural, belajar dandan sendiri, cara dandan yang natural, belajar dandan, dandan natural, tips dandan sendiri, cara memakai shading, cara dandan sendiri, teknik dandan natural